ABOUT : TAMBAHAN PELAJARAN (“CAMBRIDGE”) SMAN 1 Bangil

Menuju sekolah bertaraf internasional, berbagai cara telah dilakukan oleh SMAN 1 Bangil, sekolah yang sangat kita cintai. Program-program unggulan pun dijalankan, mulai dari program kegiatan hingga program rutin setiap harinya. Semua itu dilakukan dengan harapan mampu mencetak siswa-siswa yang kemampuannya tidak diragukan di tingkat Nasional dan Internasional. Salah satu program tersebut adalah Program Tambahan Pelajaran atau yang biasa disebut program “Cambridge” oleh siswa SMAN 1 Bangil.

Program Tambahan Pelajaran ini merupakan salah satu bukti nyata dari usaha yang dilakukan sekolah. Dapat kita lihat, di sekolah lain yang masih berstandar Nasional (SSN), jumlah jam pelajaran yang diberikan oleh sekolah tersebut cukup dengan 45 jam pelajaran selama seminggu. Namun, untuk siswa di SMAN I Bangil jumlah itu dirasa masih kurang, karena siswa RSBI butuh lebih banyak materi pelajaran daripada siswa di Sekolah Standard Nasional (SSN). Dua jam tambahan pelajaran diberikan setiap hari selama 5 hari dalam seminggu, sehingga pada hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu siswa memiliki 10 jam pelajaran, kemudian 7 jam pada hari Jum’at yang biasanya hanya 5 jam. Untuk hari Rabu tidak ada program tambahan pelajaran ini.

Jam-jam pelajaran tambahan ini diberikan dengan menggunakan sistem berbeda dengan kurikulum regular (Nasional). Karena program ini menggunakan kurikulum dari Cambridge University (Inggris) sebagai acuan utama pembelajarannya. Sangat dapat dilihat perbedaan antara 2 jam pelajaran terakhir dengan 8 jam pelajaran sebelumnya. Karena dengan menggunakan kurikulum dari Cambridge University, secara otomatis, bahasa inggris sangat digunakan dalam penyampaian materi maupun referensi dari materi-materi tambahan pelajaran tersebut.

Selama tambahan pelajaran siswa diberikan materi-materi yang jauh lebih khusus baik dari segi penadalaman materi maupun jenis-jenis materi yang disajikan. International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) dan A level di berikan untuk siswa-siswa RSBI SMAN 1 Bangi. Kedua program tersebut telah disesuaikan dan diberikan sesuai tingkatannya. IGCSE diberikan untuk siswa kelas X dengan materi Bisnis, Ekonomi, Akuntansi,  Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, ESL (English as Second Language) dan TOEFL (Test Of English as Foreign Language). Sedangkan A level diberikan untuk kelas XI, dengan menggunakan materi lanjutan dari materi kelas X. Namun tidak semua materi diberikan, melainkan disesuaikan dengan jurusan (IA/IS/Bahasa).

Meski terdapat beberapa pendapat yang kontra akan adanya program ini, SMAN 1 Bangil tetap yakin akan manfaat yang didapat dari dijalankannya program ini. Salah satu fakta yang kontra akan dijalankannya program ini adalah tentang batas kemampuan otak siswa. Memang, secara psikologis umumnya otak siswa tidak akan maksimal menerima pelajaran apabila di paksakan menerima pelajaran selama 10 jam pelajaran. Namun, semua siswa SMAN 1 Bangil memang memiliki kemampuan lebih dari yang lain. Hal ini membuktikan bahwa pendapat tersebut tidak sesuai apabila ditujukan untuk siswa SMAN 1 Bangil.

Saat ini, 4 tahun sudah SMAN 1 Bangil menjalankan program tambahan pelajaran ini dan hasilnya sangat memuaskan. Hasil-hasil tersebut membuat SMAN 1 Bangil semakin membuktikan kepantasannya untuk menyandang gelar Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Karena siswa-siswa lulusan program RSBI SMAN 1 Bangil telah memiliki kemampuan yang jauh lebih tinggi dari yang lain. SMAN 1 Bangil yakin dan dapat memastikan generasi berikutnya akan lebih dan terus lebih baik dari lulusan siswa SMAN 1 Bangil yang sudah ada.

Salah satu alasan SMAN 1 Bangil begitu yakin akan hal itu dikarenakan SMAN 1 Bangil telah dan akan selalu memberikan yang terbaik untuk semuanya. Salah satu bukti yang telah ada adalah adanya program tambahan pelajaran yang telah dilaksanakan. Oleh karena itu, kita harus mendukung langkah SMAN 1 Bangil menuju Sekolah Bertaraf Internasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s